Pemkab Tanjab Barat Canangkan Kelurahan Tebing Tinggi Sebagai Kampung Pancasila

Tanjab Barat, (Tebing Tinggi) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) merencanakan pengusulan pembentukan kampung pancasila di Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat).

Disana kehidupan sosial kemasyarakatan begitu beragam, mulai penganut agama yang bermacam – macam, kesenian dan budaya yang beraneka ragam serta Semua hidup rukun begitu indah. Kesbangpol melakasanakan kegiatan di PT. Lontar Papyrus Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjab Barat, Selasa (23/01/2018).

Kegiatan kampung Pancasila dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian warga dalam rangka upaya menjaga berdiri tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ini harus terus dibina sebab di Tebing Tinggi masyarakatnya begitu beragam, sehingga apa bila itu tidak dibina dengan baik dan ada oknum yang ingin memecah belah akan mudah sekali terjadi gesekan antar warga.

Acara pemberian gelar kampung Pancasila di Tebing Tinggi dihadiri Sekcam, Lurah, Babinsa, Kapolsek, tokoh lintas agama, Pimpinan Biro Humas LPPI dan Masyarakat serta Pemuda Pemudi Tebing Tinggi.

Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat melalui Kepala Kesbangpol, Drs. Raden Azis Muslim M.AP dalam sambutannya menyampaikan bahwa Tebing Tinggi merupakan yang pertama kali yang direncanakan sebagai Kampung Pancasila di Tanjab Barat.

“Tebing Tinggi dijadikan kampung Pancasila karena merupakan desa yang sangat majemuk terdiri dari berbagai macam agama. Ada Islam, Kristen, Hindu dan Budha tetapi sangat rukun dan damai. Pancasila merupakan lambang dasar Negara Indonesia sebagai simbol bangsa yang di dalamnya memiliki arti dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika,”ujar Raden.

Atas nama pemerintah daerah kami mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya dengan inisiatif masyarakat Kecamatan tebing tinggi sebagai kampung Pancasila.

“Kita semua penuh perbedaan karena perbedaan itu penting tetapi bukan berarti kita bermusuhan akan tetapi dengan perbedaan kita harus bersatu dan lebih rukun karena kita merupakan warga negara Indonesia yang terbingkai dengan bhineka tunggal ika,”Jelas Kepala Kesbangpol.

“Kelurahan tebing tinggi kita canangkan (pemberian gelar) sebagai Kampung Pancasila, semoga dapat menjadi contoh bagi daerah lain selamat untuk kelurahan tebing tinggi semoga semakin maju dan semakin makmur dengan masyarakat yg penuh perbedaan tetapi satu sama lain selalu menjaga kerukunan umat,”Sambungnya.

Lebih lanjut lagi Raden Aziz Muslim mengatakan Kita akan dorong ini ke Menteri Dalam Negeri R. I agar menyetujui Kel. Tebing Tinggi menjadi kampung pancasila.

“Mudahan- mudahan dengan adanya kampung pancasila hubungan antar agama, etnis dan suku dapat berdampingan hidup rukun, akur dan damai. Kita sudah siapkan blangko komitmen bersama-sama,”imbuhnya.

No Responses

Leave a Reply

20 − 3 =